Belajar Menguasai Teknik Shaping di CorelDRAW | Belajar CorelDRAW

Belajar teknik shaping di corel draw merupakan salah satu langkah fundamental untuk menguasai corel draw. Sebelum masuk ke materi, mungkin ada yang belum tahu tentang shaping di corel draw?
Memang tidak ada penjabaran yang bisa dijadikan patokan mengenai pengertian teknik shaping di corel draw. Tapi sepengetahuan saya, teknik shaping di corel draw digunakan untuk memotong-motong objek / gambar, menggabungkan objek, menciptakan objek baru dari perpaduan objek dan menghilangkan objek.

Itu kalau pengertian teknik shaping versi saya. Mungkin beda orang beda lagi penjabarannya, namun intinya sama.

Ada 7 tipe shaping yang ada di corel draw. Antara lain;
  1. Weld
  2. Trim
  3. Intersect
  4. Simplify
  5. Front minus back
  6. Back minus front
  7. Create boundary
Dari ketujuh nama tersebut, punya peran yang berbeda-beda. Untuk lebih jelas dan semoga artikelnya jelas karena ditulis untuk menjelaskan mengenai teknik shaping di corel draw.

Untuk memunculkan menu shaping di corel draw, kita wajib menyeleksi atau mengklik minimal 2 objek terlebih dulu. Jika tidak, maka menu shaping tidak akan dan tidak mau muncul

Sebagai contoh, saya membuat dua buah objek bulat berwarna biru dan merah
Nah, supaya menu shapingnya keluar, maka saya menyeleksi kedua objek tersebut menggunakan mouse atau bisa juga dengan menekan Ctrl + A
Tips; untuk memilih objek lebih dari satu di corel draw, tekan SHIFT pada keyboard. Kemudian klik satu per satu objek yang akan diseleksi
Secara otomatis, pada property bar akan muncul beberapa menu baru. Lihat highlight warna biru dengan garis panah merah. Oke langkah memunculkan menu shaping sudah bisa kita terapkan.

Sekarang saatnya menguasai shaping yang sesungguhnya.

# Weld

Pertama ada Weld. Digunakan untuk menggabungkan objek. Kalian seleksi dua buah objek, kemudian klik Weld. Secara otomatis objek akan tergabung menjadi satu kesatuan [kayak NKRI] hihihi.

# Trim

Kedua ada Trim. Digunakan untuk memotong objek / bisa juga gambar. Seleksi kedua objek dan klik Trim. Hasilnya salah satu objek akan terpotong mengikuti bentuk objek pemotongnya

# Intersect

Ketiga ada Intersect. Digunakan untuk menciptakan objek baru hasil perpaduan dari minimal 2 objek. Atau bisa juga digunakan untuk mengambil gambar.

# Simplify

Keempat ada Simplify. Kalau yang ini hampir mirip seperti Trim

# Front minus back

Kelima ada Front minus back.

# Back minus front

Keenam ada Back minus front.

# Create boundary

Terakhir ada Create boundary. Digunakan untuk menciptakan objek baru sesuai bentuk objek bagian luar.
Bagaimana? Semoga jelas ya dengan penjelasan dari saya. Untuk lebih jelas, silahkan kalian praktek langsung, coba satu per satu. Nanti bakalan tahu fungsi dari menu shaping yang ada di corel draw. Demikian untuk artikel kali ini. Jika ada yang ditanyakan, silahkan urun rembug di kolom komentar.

Related Posts

0 COMMENT:

Post a Comment

Forum Diskusi