Macam & Jenis Transparansi di CorelDRAW | Belajar CorelDRAW

Belajar corel draw fundamental kali ini adalah mengenal macam-macam atau jenis-jenis transparansi yang ada di corel draw. 
Dalam memberikan efek transparansi di corel draw, kita bisa mengatur sendiri tingkat ketajaman dan model transparansi yang diinginkan.

Di corel draw sendiri ada beberapa jenis transpansi. Antara lain;
  1. Uniform
  2. Linear
  3. Radial
  4. Conical
  5. Square
Sebenarnya masih ada lagi pilihan modelnya, tapi kelima itulah yang paling sering digunakan oleh para desainer.

Lalu apa perbedaan dari kelima jenis transparansi di atas? Sebelum membahas hal tersebut, nampaknya kita perlu praktek terlebih dulu cara membuat objek transparan di corel draw.

Langkah pertama kamu buka corel dan buat objek apa saja. Sebagai contoh saya membuat objek bulat dengan warna hijau
Sekarang pilih Transparency Tool. Untuk memunculkannya, klik dan tahan di bagian toolbox yang saya beri tanda panah merah ini
Kemudian pilih jenisnya. Misalnya saya pilih yang Linear
Atur sendiri tingkat ketajaman dan area transparansinya.
Bagaimana? Oke kan? Langkah-langkah dalam membuat objek transparan di corel draw saya rasa sudah bisa kita praktekkan. Sekarang mari kita bahas sedikit untuk jenis transparansi di corel draw.

# Uniform

Transparansi jenis Uniform ini memberikan efek transparan diseluruh objek / gambar yang terpilih.

# Linear

Transparansi jenis Linear ini memberikan efek transparan disebagian objek / gambar yang terpilih. Bisa samping kiri, kanan, atas atau bawah.

# Radial

Transparansi jenis Radial ini memberikan efek transparan pada objek / gambar yang terpilih dengan transparan berbentuk bulat dibagian tengahnya.

# Conical

Transparansi jenis Conical ini memberikan efek transparan pada sebagian objek / gambar yang terpilih dengan model kotak samar-samar segitiga.

# Square

Transparansi jenis Square ini memberikan efek transparan pada objek / gambar yang terpilih dengan transparan berbentuk kotak dibagian tengahnya.
Untuk lebih jelas mengenai setiap perbedaannya, kalian harus praktek langsung. Karena belajar corel draw harus dibarengi dengan action yang nyata, bukan sekedar pencitraan hehehe. Oke semoga materi belajar corel draw kali ini bermanfaat.

Related Posts

0 COMMENT:

Post a Comment

Forum Diskusi