Belajar CorelDRAW Dasar untuk Pemula | Mengatur Ukuran Lembar Kerja

Artikel atau materi kali ini merupakan salah satu langkah fundamental untuk memahami tentang CorelDRAW.
Cara mengatur ukuran lembar kerja di CorelDRAW
Kenapa mater dasar semacam ini saya tulis? Karena kemarin ada salah satu teman kita dari bandung ( nama disensor yah ^_^ ) tanya tentang cara mengatur ukuran kertas atau lembar kerja corel draw gimana. 

Singkat cerita si mbaknya yang dari bandung kepingin bikin foto polaroid dengan ukuran A3. Tapi belum tahu cara ngatur ukurannya gimana.

Akhirnya pertanyaan tersebut sudah terjawab dan alhamdulillah mbaknya sudah bisa ^_^
Dulu saya juga ngalamin hal semacam ini. Bahkan lebih parah, ndak tahu sama sekali tentang corel draw. Tapi setelah berpetualang kesana kemari, akhirnya sedikit-banyak mulai ngerti meskipun masih dasar-dasarnya hehehe.

Oke langsung saja ya kita mulai. Langkah pertama buka corel draw yang kalian punya dan awal-awal tampilannya seperti ini.
Kemudian buat lembar kerja baru dengan cara klik menu File - New
Muncul tampilan default seperti ini
Untuk mengatur ukuran kertas atau lembar kerjanya, silahkan pilih "Page size" yang saya beri tanda panah warna merah ini
Jika kalian klik maka akan muncul banyak sekali pilihan ukurannya. Ada A0, A4, A5, A3, F4 dan masih banyak lagi ukuran lainnya.
Namun jika ukuran di corel draw tersebut tidak sesuai yang kalian harapkan. Bisa kamu custom sendiri dibagian "Page dimension" (lihat highglight warna biru)
Isikan angka sesuai dengan kebutuhan. Misalkan 2 meter x 4 meter, atau ukuran lain yang bisa kamu sesuaikan sendiri. Untuk mengganti satuan ukurannya (meter, cm, mm, dll) kamu bisa lihat artikel tentang cara mengganti satuan ukuran lembar kerj corel draw. Sekian semoga bermanfaat.

Related Posts

0 COMMENT:

Post a Comment

Forum Diskusi