Memahami Fungsi Combine di CorelDRAW | Belajar CorelDRAW

Halo gaes.. Jumpa lagi dengan admin blog belajar coreldraw. Ini merupakan artikel pertama pada materi memahami teknik shaping corel draw. Artikel akan berlanjut dari part 1 sampai 8. Jadi mohon dipahami dari awal ya.
Untuk materi memahami teknik shaping di corel draw yang pertama, saya akan menyampaikan tentang fitur Combine yang ada di corel draw. Untuk shortcutnya, kalian bisa menekan Ctrl + L di keyboard.

Fitur combine di coreldraw ini mempunyai bebarapa fungsi antara lain; membuat objek bolong / tembus dan membuat objek saling tergabung menjadi satu.

Untuk bisa memunculkan fitur combine, kalian wajib menyeleksi 2 atau lebih objek vector, bukan bitmap. Karena jika yang kalian seleksi objek vector dan gambar bitmap, maka menu combine tidak akan muncul.

Berikut ini saya kasih buktinya biar kalian percaya hehehe
Bisa kalian lihat sendiri, saya sudah menyeleksi antara gambar bitmap dan objek vector, tetapi menu combine tidak bisa menyala hehehe. Maka dari itu, yang wajib kalian seleksi adalah objek vector (lebih dari 1)

Yuk kita mulai memahami tentang fitur combine di corel draw nya. Sebagai contoh misalkan saya membuat dua buah objek bulat. Satu berwarna merah dan satunya warna biru. Saya letakkan saling bertumpuk seperti ini
Kemudian seleksi kedua objek tersebut, maka menu combine akan menyala di property bar. Lihat gif dibawah ini ya
Jika menu combine kalian klik, maka yang terjadi pada 2 objek tadi kira-kira seperti ini. Dibagian tengah akan tembus / bolong / berlubang
Menu combine juga bekerja pada objek dan teks seperti ini. Jika teks kalian letakkan ditengah-tengah objek vector, maka teks tersebut akan menembus objek
Beda lagi jika teksnya kalian letakkan separuh pada objek dan separuhnya lagi keluar objek. Maka hasilnya seperti ini
Jika objek kalian letakkan berjauhan, tetap bisa di combine dan akan tergabung menjadi satu
Bagaimana? Sudah paham dengan fungsi combine yang ada di corel draw? Jika masih belum mengerti, silahkan saling berdiskusi di kolom komentar yang sudah saya sediakan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

0 COMMENT:

Post a Comment

Forum Diskusi