Pemula Wajib Tahu! Fungsi Ctrl + Shift + Q di CorelDRAW | Belajar CorelDRAW

Bagi kalian yang benar-benar masih awam tentang corel draw, kalian wajib memahami beberapa shortcut yang ada di corel draw. Salah satunya adalah shortcut Ctrl + Shift + Q, yang mempunyai peran penting dalam pengoperasian corel draw.
Seperti apa fungsi dari Ctrl + Shift + Q ini? Mari kita bahas bareng-bareng, biar kalian lebih paham, bisa dibuka corel drawnya

Sebagai contoh saya membuat objek bulat dengan Ellipse dengan ketebalan outline 8 mm
Misalkan saya memberi warna merah pada objek tersebut dengan cara menekan klik kiri. Maka yang berwarna merah adalah pada bagian tengahnya.
Setelah saya menekan Ctrl + Shift + Q atau bisa klik menu Arrange - Convert Outline To Object, garis pinggir atau outline pada objek bulat tersebut secara otomatis berubah menjadi objek utuh. Jika diberi warna, maka yang berwarna adalah pada bagian pinggir dan yang tengah otomatis bolong.

Sebagai contoh lagi saya membuat garis dengan Freehand Tool dengan ketebalan outline 10 mm
Untuk mengganti warna garis tersebut, kita harus menekan klik kanan pada salah satu warna yang tersedi di palet warna
Setelah saya tekan Ctrl + Shift + Q, garis tersebut berubah otomatis menjadi objek utuh dan bisa langsung diganti-ganti warnanya dengan cara klik kiri.
Dari contoh diatas dapat kita tarik kesimpulan mengenai fungsi Ctrl + Shift + Q di corel draw digunakan untuk mengubah atau meng-convert garis menjadi objek.

Kira-kira seperti itu pengertian atau fungsi dari Ctrl + Shift + Q yang bisa saya sampaikan. Apabila ada yang kurang jelas atau ada yang salah dalam penyampaiannya, saya mohon maaf. Semoga bermanfaat.

Related Posts

0 COMMENT:

Post a Comment

Forum Diskusi