Cara Membuat Kaligrafi Kufi dengan CorelDRAW

Kaligrafi kufi biasanya identik dengan tulisan arab. Karena saya belum mahir bikin kaligrafi arab, untuk tutorial kali ini kita akan membuat tulisan dengan model kaligrafi kufi menggunakan corel draw.
Model tulisan kaligrafi kufi ini saya lansir dari Dunia Santri Community hehehe. Bagi kalian yang tertarik membuat kaligrafi dengan corel draw, yuk ikuti tutorialnya sampai akhir.

1. Langkah pertama buat sebuah objek kotak persegi dengan Rectangle Tool. Ukurannya 6 milimeter
2. Langkah kedua aktifkan menu Transformations Position
3. Langkah ketiga gandakan objek kotak tersebut kesamping dan kebawah sebanyak 30 buah. Jika sudah, silahkan grup semua objek kotaknya.
4. Langkah keempat pilih Smart Fill untuk memberikan warna pada setiap kotakan
5. Langkah kelima tuangkan warna dengan Smart Fill hingga membentuk sebuah huruf. Misalkan kita mulai dari huruf "d"
6. Langkah keenam kira-kira hasilnya seperti ini jika kalian berhasil melakukannya. Silahkan jiplak contonya persis dengan ini ya supaya lebih mudah hehehehe.
7. Langkah ketujuh delete objek kotak yang sudah kita grup tadi hingga menyisakan sebuah tulisan saja. Ingat ya, tulisan tersebut belum halus, masih ada garis putih-putihnya
8. Langkah kedelapan, seleksi setiap huruf, kemudian tekan Combine di Property bar
9. Langkah kesembilan kira-kira hasilnya seperti ini. Tulisan jadi terlihat lebih halus setelah di Combine satu per satu
10. Langkah kesepuluh atau terakhir, beri warna sesuai selera masing-masing
Bagaimana? Ada pertanyaan? Mudah banget kan? Sekian untuk artikel tentang cara membuat kaligrafi kufi menggunakan corel draw ini. Apabila ada yang kurang jelas, silahkan bertanya di kolom komentar.

Related Posts

0 COMMENT:

Post a Comment

Forum Diskusi