Cara Desain Kemasan Produk (Product Packaging) dengan Corel Draw
Tutorial cara membuat desain kemasan produk menggunakan corel draw - Kemasan produk merupakan media yang digunakan untuk mengemas sebuah produk, baik itu makanan, aksesoris maupun produk lainnya.
Produk kemasan bisa terbuat bahan apa saja seperti plastik, kayu, aluminium, daun, kertas dan kain. Bentuk dan motifnya pun bisa dibuat sedemikian rupa menggunakan alat dan teknologi terkini.
Pada artikel kali ini kita akan belajar membuat desain kemasan produk di corel draw. Istilah baratnya product packaging.
Oke... Langsung saja ya, langkah pertama kalian buka corel draw dan buat lembar kerja baru. Saya setting ukuran lembar kerja 250 mm x 170 mm atau 25 cm x 17 cm.
Langkah yang kedua buat dua buah objek dengan ukuran 100 mm x 170 mm. Sebelah kiri untuk kemasan depan dan sebelah kanan untuk bagian belakang. Ukuran bisa kalian sesuaikan sendiri ya
Langkah keempat kita intersect objeknya ya. Sambil tekan Shift pada keyboard, klik objek satu dan objek dua (lihat pada gambar). Pada property bar klik intersect.
Silahkan hapus objek pertama (angka 1) dan akan menyisakan bentuk motif seperti ini
Tambahkan bentuk motif lainnya dengan langkah seperti diatas.
Jangan lupa beri warna dan hilangkan outline nya
Tambahkan material yang dibutuhkan seperti; logo, isi / tulisan dan gambar pendukung lainnya.
Jika sudah jadi, export desain satu per satu dalam format gambar .jpg / .png (bagian depan dan belakang). Kemudian gunakan mockup untuk membuat desain tampil realistis.
Untuk mockup nya silahkan download disini ya. Semoga bermanfaat.
corel versi berpa kak ini
ReplyDeleteDesain kemasan merupakan elemen penting dalam mencapai keberhasilan produk di pasar yang kompetitif.
ReplyDeleteMerancang desain kemasan produk yang menarik dan efektif memerlukan pemahaman mendalam tentang tujuan produk, identitas merek, serta konsumen target.
Dengan memahami dan menerapkan fungsi desain kemasan produk, produsen dapat membuat desain kemasan yang efektif dan berhasil meningkatkan daya tarik dan nilai jual produk mereka di pasar yang semakin berkembang.