Tutorial Mendesain Spanduk / Banner / MMT dengan CorelDRAW | Belajar CorelDRAW

Spanduk, banner, dan mmt biasanya digunakan untuk memberitahukan sebuah acara penting seperti; seminar nasional, workshop, penerimaan siswa baru, promo, marketing, pengajian dan lain sebagainya.
Apa yang membedakan antara spanduk, banner dan mmt? Dari ketiga nama tersebut, sebenarnya hampir sama maksudnya. Cuma, kadang orang ngertinya hanya spanduk / banner / mmt.
 
Bagaimana cara membuat spanduk, banner dan mmt? Untuk bisa membuatnya, kamu harus mempunyai dan menguasai software berbasis grafis terlebih dulu.

Banyak sekali software yang bisa digunakan untuk membuat spanduk, banner, dan mmt, antara lain; Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Inkscape dan CorelDRAW.

Sebenarnya masih banyak software lainnya yang belum bisa saya sebut satu per satu.

Karena ini adalah blog tentang belajar corel draw, maka kita akan memberikan tutorial cara membuat desain spanduk, mmt atau banner dengan corel draw.

Untuk materinya akan kami sampaikan sedetail mungkin, supaya lebih mudah dipahami bagi kalian yang sedang belajar mendesain.

Sebagai contoh kita akan membuat panduk / banner / mmt ucapan selamat hari raya idul fitri 1438 h. Langkah pertama buka corel draw. Buat lembar baru dan buat objek kotak dengan Rectangle Tool. Misalkan saya buat dengan ukuran 1500 mm x 750 mm atau 1,5 m x 0,75 m. Kalian juga bisa mengatur satuan ukuran kerja di corel draw sesuka hati.
Berikan efek warna gradasi pada objek kotak yang kalian buat
Tambahkan objek bulat pada bagian pojok bawah seperti ini. Atau kalian bisa membuat aneka bentuk objek lainnya sesuai selera. Jika ingin menambahkan icon masjid seperti ini, silahkan download filenya di sini.
Seleki semua objek, pada property bar pilih Intersect
Delete objek bulat dan beri warna sedikit lebih gelap pada objek hasil Intersect. Hasilnya seperti ini.
Copy paste objek hasil Intersect yang ada di pojok bawah, pada property bar pilih Mirror horizontally
Seleksi objek hasil copy paste dan objek background. Klik menu Arrange - Align and Distribute - Align Right. Atau langsung tekan saja tekan huruf R di keyboard.
Jika berhasil, kamu akan menciptakan hasil seperti ini
Tambahkan objek atau gambar/logo. Di sini saya menambahkan icon masjid. Kalian bisa memasukkan icon apa saja dengan Insert Character.
Tambahkan tulisan dengan Text Tool.
Biar lebih keren dan manis, tambahkan efek contour pada teksnya.
Bagaimana ada pertanyaan? Jika masih ada yang belum jelas, silahkan berkomentar ditempat yang sudah saya sediakan. Semoga artikel tentang cara membuat spanduk / mmt / banner dengan corel draw ini bermanfaat.

Related Posts

0 COMMENT:

Post a Comment

Forum Diskusi